Home ยป 9 Teknologi AI untuk Menggambar yang Sedang Populer di Indonesia!

9 Teknologi AI untuk Menggambar yang Sedang Populer di Indonesia!

Suka Gawai – Sekarang ini, semakin banyak tersedia teknologi AI untuk menggambar. Di tahun ini, Artificial Intelligence (AI) yang bisa menghasilkan gambar berdasarkan input dari pengguna semakin populer di gunakan.

Meskipun banyak menuai kontroversi, text-to-image AI tetap banyak di akses oleh pengguna. Buktinya sa, tagar #AIart belakangan ini populer di media sosial. Saat ini, banyak Generative AI (GAI) yang tersedia yang sebagiannya bisa digunakan secara gratis dan sebagian yang lain berbayar. Berikut ini adalah daftar generative AI untuk menggambar yang sedang populer di gunakan.

1. Dall-E 2

9 Teknologi AI untuk Menggambar yang Sedang Populer!

Dall-E adalah AI untuk menggambar buatan dari OpenAI. AI ini bisa menghasilkan gambar dengan realistis berdasarkan dengan prompt yang dimasukkan oleh para penggunanya. Adapun, OpenAI telah mengumumkan keberadaan Dall-E di bulan Januari 2021 lalu. Dan pada bulan Juli 2022, mereka telah mengadakan open beta untuk Dall-E 2.

2. Stable Diffusion

Berdasarkan dengan situs resminya, Stable Diffusion di definisikan sebagai latent diffusion model yang bisa menghasilkan gambar secara realistis saat para pengguna memberikan input yang berupa teks. Stable Diffusion ini di ciptakan oleh grup CompVis dari LMU Munich, Stability AI, serta RunWay. Per bulan Oktober 2022, Stability AI berhasil mendapatkan investasi dengan sebesar US$101 juta.

Sama halnya seperti AI lain, Stable Diffusion juga wajib “di latih”. Data yang akan di gunakan untuk melatih Stable Diffusion ini berupa gambar dan caption. Biasanya akan di ambil dari LAION-5B, dataset yang telah terbuka untuk umum. Stable Diffusion tidak mempunyai hak cipta atas gambar yang di buat. Oleh karena itu, pengguna Stable Diffusion dapat menggunakan gambar yang di hasilkan, selama gambar tersebut tidak bersifat ilegal maupun berpotensi untuk membahayakan orang lain.

3. Craiyon

Craiyon merupakan generative AI untuk menggambar berdasarkan dengan teks yang di masukkan oleh penggunanya. Ide untuk bisa membuat AI ini pertama kali di ajukan oleh Boris Dayma di JAX/Flax Community Week. Awalnya, Craiyon ini di namai sebagai DALL-E Mini. AI ini hanya saja di latih selama tiga hari memakai TPUv3-8 yang telah sediakan oleh Google Cloud di sepanjang program JAX/Flax Community Week.

Meskipun hanya di latih dalam waktu yang singkat, Craiyon ini sangat sukses. Di akhir Mei dan Juni 2022, Craiyon menjadi viral. Dan hal ini mampu membuat pengguna DALL-E dan DALL-E 2 bingung. Alhasil, OpenAI meminta agar nama AI ini bisa di ubah. Pada akhirnya, DALL-E Mini juga di kenal dengan nama Craiyon.

4. Jasper

9 Teknologi AI untuk Menggambar yang Sedang Populer!

Sejatinya, Jasper ini berfungsi untuk membuat konten tertulis, baik berupa iklan, konten situs, blog, maupun media sosial. Namun, Jasper juga bisa berfungsi sebagai art generator. Untuk menggunakan Jasper, para pengguna harus memberikan prompt tertulis. Pengguna bisa dengan bebas untuk menulis prompt di sepanjang atau dengan sesederhana mungkin. Setelah itu, Anda sebagai pengguna akan untuk menentukan beberapa pilihan yang ada yakni seperti art medium, art style, mood, dan keywords. Jasper ini nantinya akan menghasilkan gambar dalam hitungan detik saja.

5. Imagen

Jika di bandingkan dengan generative AI, Imagen AI untuk menggambar ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda. AI ini akan berfokus untuk mengubah foto para pengguna. Cara kerja Imagen ini akan di jelaskan di dalam situs resminya. Pertama, Imagen ini akan menganalisa kebiasaan para pengguna saat mengedit foto. Dari sini, AI itu bisa menciptakan “Personal AI Profile” pengguna, yang nantinya akan menyesuaikan berbagai setting pada foto — mulai dari exposure, color correction, white balance,  dan lainnya yang sesuai dengan kebiasaan ataupun selera pengguna.

Personal AI Profile dari Imagen bisa di gunakan di Lightroom Classic. Setelah Anda memakai AI Profile, pengguna tetap bisa kembali untuk mengubah hasil foto sesuai dengan keinginan.

Pembayaran Imagen AI.

Untuk bisa menggunakan Imagen, para pengguna wajib membayar US$0,05 per foto. Jika Anda sebagai pengguna ingin memakai fitur Cropping, biaya yang wajib dibayar akan bertambah US$0,01. Begitu juga jika para pengguna ingin memanfaatkan fitur Straightening. Anda bisa bebas dalam menentukan berapa banyak jumlah edit yang akan di beli. Namun, pembelian minimal yaitu US$7 per bulan.

6. Midjourney

Midjourney merupakan GAI yang akan menerima input berupa teks dari Anda sebagai pengguna dan akan menghasilkan gambar sesuai dengan prompt tersebut. Satu keunikan pada Midjourney ini yakni GAI ini hanya dapat di akses dengan melalui Discord. Versi beta pada Midjourney sudah dapat dicoba oleh masyarakat luas per akhir bulan Juli 2022. Pengguna versi beta pada Midjourney ini akan mendapatkan 25 gambar gratis. Untuk bisa mendapatkan 200 gambar per bulannya, Anda harus rela mengeluarkan US$10. Untuk akses tanpa ada batas, biaya yang akan di kenakan yaitu senilai US$30 per bulan.

7. NightCafe AI

NightCafe AI adalah image generator yang dapat di akases secara online sejak bulan November 2019. Sama halnya seperti GAI lain, NightCafe AI bisa menghasilkan gambar, berdasarkan dengan prompt dari pengguna.

Saat Anda memakai NightCafe, Anda juga dapat memilih creation method. Ada lima pilihan yang dapat Anda pilih yaitu Stable Diffusion, DALL-E 2, CLIP-Guided Diffusion, VQGAN+CLIP, dan Style Transfer. Setelah itu, Anda juga bisa memilih art style yang Anda inginkan. Tersedia sekitar 20-an pilihan yang bisa Anda pilih, seperti halnya : Artistic Portrait, Bon Voyage, Photo, Dark Fantasy, Anime, Modern Comic, dan lainnya.

Ketika Anda pertama kali memakai NightCafe AI, Anda nantinya akan mendapatkan 5 credit. Setiap gambar yang akan di buat di hargai dengan 1 credit. Jika credit Anda telah habis, Anda dapat membelinya. Paket credit yang telah di tawarkan oleh NightCafe ini juga beragam, mulai dari US$8 untuk 100 credit hingga US$38 untuk 1.000 credit.

8. GauGAN2

9 Teknologi AI untuk Menggambar yang Sedang Populer!

GauGAN adalah AI demo buatan NVIDIA Research. Nama AI ini biasanya di ambil dari pelukis asal Prancis, Paul Gauguin. Versi terbaru pada GauGAN2 ini akan menghasilkan gambar yang berdasarkan dengan input tulisan yang akan pengguna masukkan. Pengguna juga dapat mengubah prompt yang  akandiberikan untuk menyesuaikan gambar yang di hasilkan. Tidak hanya itu saja, para pengguna juga bisa memakai fitur smart paintbrush untuk memodifikasi gambar lanskap yang akan di hasilkan oleh GauGAN2.

Demo pada GauGAN2 ini memakai teknologi Generative Adversarial Networks (GANs), deep learning model yang akan memanfaatkan sepasang neural networks, yakni generator dan discrimator. Generator ini berfungsi untuk membuat gambar. Sementara untuk discrimator akan memberikan feedback kepada generator sehingga gambar yang akan di asilkan menjadi lebih realistis.

9. CF Spark Generator

CF Spark Generator gambar AI ini telah di tawarkan oleh Creative Fabrica, pasar digital bagi aset cetak, font, dan grafik sesuai permintaan pengguna. Salah satu fitur unik pada AI CF Spark ini yakni Anda sebagai pengguna bisa memonetisasi file AI generatif dengan menawarkannya untuk di jual kepada anggota yang lain.

Untuk menggunakan CF Spark ini cukup sederhana. Anda hanya tinggal memasukkan prompt yang akan menghasilkan empat gambar dan bisa di pilih untuk di publikasikan di laman masing-masing.

Itulah di atas daftar AI untuk menggambar yang bisa Anda gunakan dengan mudah dan gratis. Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda, khususnya bagi kreator digital.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top