Home ยป Cara Melacak HP iPhone yang Hilang dengan Fitur Find My iPhone!

Cara Melacak HP iPhone yang Hilang dengan Fitur Find My iPhone!

Cara Melacak hp iPhone yang Hilang – Bagi Anda para pengguna iPhone, pastinya Anda mempunyai data-data penting yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Mulai dari dokumentasi momen tertentu, mengirim pesan, sampai mengerjakan pekerjaan tertentu dengan menggunakan iPhone. Karena iPhone Anda mempunyai data-data penting di dalamnya, tentunya ketika iPhone hilang, Anda sebagai pemilik iPhone tentu akan merasa bingung dan panik dalam mengatasi kejadian tersebut.

Kabar baiknya bagi para pengguna iPhone, bahwa iPhone mempunyai fitur bawaan yang bisa melacak perangkat saat hilang. Apple juga menyediakan aplikasi Find My iPhone yang bisa memungkinkan para pengguna untuk mencari iPhone yang hilang. Tidak hanya mencari atau melacak iPhone, Find My iPhone juga bisa di gunakan untuk semua perangkat Apple seperti halnya Macbook, iPad, AirPods, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini beberapa cara melacak hp iPhone yang hilang, baik dalam keadaan nyala dan mati.

Apa Itu Fitur Find My iPhone?

Cara Melacak HP iPhone yang Hilang dengan Fitur Find My iPhone!

Dengan memakai Find My iPhone ini nyatanya tidak terlalu rumit. Hanya saja, Anda harus lebih dulu memastikan fitur tersebut telah di aktifkan terlebih dahulu sebelum Anda kehilangan dan tidak lupa dengan Apple ID-nya.

Find My iPhone dapat melacak secara real-time lokasi terakhir pada perangkat Anda. Jadi, misalnya iPhone Anda hilang dan di curi, maka Anda bisa melihat pergerakan iPhone Anda. Fitur Find My iPhone selain dapat di akses dengan melalui iPhone, Anda juga dapat mengaksesnya lewat situs iCloud.com.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi para pengguna Apple yang sedang kehilangan iPhone, iPad maupun MacOS. Inilah salah satu keunggulan Apple di bandingkan dengan produk lain. Karena, Apple telah menjamin privasi para penggunanya dengan sangat aman.

Cara Mengaktifkan Fitur Find My iPhone

Cara Melacak HP iPhone yang Hilang dengan Fitur Find My iPhone!

Kelebihan dari fitur bawaan pencarian iPhone hilang jika sudah di aktifkan yakni memudahkan Anda ketika harus backup data melalui perangkat iOS lain.

Oleh karena itu, sangat penting bagi si pemilik iPhone untuk bisa segera mengaktifkan fitur pencarian iPhone ini. Hal ini bertujuan agar di andalkan ketika situasi genting, seperti ketika ponsel di curi atau hilang. Nah, cara untuk mengaktifkan fitur Find My iPhone ini sangat mudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Silahkan Anda buka menu pengaturan di iPhone
  • Jika sudah maka masukan Apple ID dan pastikan Anda sudah log in
  • Lalu, silahkan Anda pilih menu Find My iPhone
  • Tekan Find My iPhone
  • Jika sudah klik posisi “ON
  • Geser “Send Last Location” ke bagian posisi aktif. Sehingga iPhone Anda bisa mengirimkan lokasinya ke Apple saat baterai perangkat sudah sangat lemah (sebelum mati total)
  • Sampai di tahap ini, Find My iPhone di handphone Anda sudah aktif dan dapat di gunakan ketika dalam situasi darurat atau saat lupa menyimpan.

Lantas, bagaimana jika iPhone hilang dalam keadaan offline, mati, bahkann tidak menyala?

Cara Melacak HP IPhone yang Hilang Dalam Kondisi Online

Cara Melacak HP iPhone yang Hilang dengan Fitur Find My iPhone!

Berikut ini beberapa cara mengenai cara melacak hp iPhone yang hilang secara real-time menggunakan fitur Find My IPhone:

  • Silahkan Anda masuk ke alamat situs icloud
  • Jika sudah maka masukan alamat Apple ID dan password Anda
  • Nantinya fitur Find My iPhone menampilkan keterangan keadaan handphone, apakah mati total ataupun hanya offline
  • Jika kondisi handphone aktif, maka Anda haus segera klik “Action
  • Notifikasi GPS nantinya akan menunjukkan lokasi keberadaan hp iPhone. Lalu, Anda bisa pilih “Play Sound” agar handphone mengeluarkan bunyi
  • IPhone yang hilang di suatu tempat susah sinyal, akan menunjukkan titik terakhir saat handphonenya masih di area dengan sinyal kuat
  • Jika iPhone Anda hilang karena dicuri, Anda dapat memilih mode hilang (lost mode).
  • Jika handphone Anda masih berada dalam jaringan, maka handphone akan segera terkunci dan tidak dapat di atur ulang tanpa kode kunci yang telah Anda tetapkan. Sementara itu, Anda juga bisa melihat lokasi handphone saat ini. Dan perubahan lokasi (jika handphone yang dibawa ke tempat berbeda)
  • Jika iPhone Anda hilang tidak jauh dari tempat Anda, maka iPhone akan mengeluarkan bunyi agar terdengar oleh pemiliknya

Sama seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwa Find My iPhone ini hanya bisa digunakan pada kondisi handphone tersebut telah diaktifkan fiturnya.

Cara Melacak HP IPhone yang Hilang Dalam Kondisi Mati

Cara Melacak HP iPhone yang Hilang dengan Fitur Find My iPhone!

Pada umumnya, fitur Find My iPhone ini memang tidak bisa melacak iPhone yang hilang jika dalam keadaan offline. Atau bahkan tidak terhubung dengan jaringan internet dan kehabisan baterai. Meskipun Anda tidak bisa melihat iPhone Anda, fitur Find My iPhone tetap bisa memberi informasi lokasi terbaru kepada Anda dari iPhone yang dicuri atau hilang dalam keadaan offline.

Jadi, informasi lokasi terbaru ini nantinya akan di berikan saat iPhone Anda terhubung dengan jaringan internet. Namun, saat ini Anda tidak perlu terus menunggu sampai iPhone Anda kembali online. Dengan adanya fitur Find My iPhone, Apple akan membantu Anda memberikan informasi lokasi terakhir dengan otomatis kepada Anda. Nah, di bawah ini adalah cara mencari iPhone yang hilang dalam keadaan offline. Bahkan, Anda bisa memakai browser milik Apple dan Safari untuk bisa mengakses iCloud:

  • Silahkan Anda buka situs iCloud
  • Masukkan Apple ID Anda dan password-nya
  • Kemudian, Anda akan di sajikan dengan beberapa pilihan aplikasi bawaan dari iPhone, silahkan Anda pilih aplikasi “Lacak” ataupun “Find My iPhone
  • Jika sudah maka Anda bisa pilih perangkat iPhone Anda, setelah itu kemudian akan muncul peta dengan lokasi terakhir pada iPhone Anda
  • Jika iPhone Anda dalam kondisi offline, maka ikon bulat penanda lokasi terakhir pada iPhone akan berwarna abu-abu
  • Lalu, silahkan aNDA pilih opsi “Mode Hilang” atau “Lost Mode
  • Masukkan nomor telepon yang bisa Anda gunakan untuk menghubungi Anda
  • Kemudian masukkan pesan singkat untuk mengajukan permintaan mengembalikan iPhone Anda
  • Nomor telepon dan pesan singkat ini nantinya akan muncul di iPhone Anda di kondisi layar terkunci
  • Lalu, Anda pilih centang opsi “Pembaruan E-mail
  • Terakhir, tekan “Selesai“.

Dengan Anda menekan centang pada opsi “Pembaruan E-mail“, Apple nantinya akan mengirimkan informasi lokasi terakhir secara otomatis ke alamat email aktif yang akan di gunakan sebagai Apple ID di iPhone Anda. Jadi Anda tidak harus berlama-lama memantau iPhone Anda untuk bisa kembali online.

Kesimpulan

Perlu Anda pahami, bahwa berbeda jenis browser secara otomatis berbeda juga letak opsi untuk bisa mengatur iPhone yang hilang di dalam situs iCloud. Itu dia di atas beberapa cara melacak hp iPhone yang hilang melalui fitur bawaan iPhone yakni Find My iPhone dengan kondisi hidup dan mati. Yang lebih penting lagi, Anda harus bisa lebih hati-hati agar insiden handphone hilang jangan sampai terjadi. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top