Home » 4 Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel, Dijamin Work!

4 Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel, Dijamin Work!

Saat Anda akan membuat data, tentu membutuhkan adanya nomor agar data menjadi lebih rapi dan mudah di baca urutannya. Berkaitan mengenai pembuatan data dengan software Microsoft Excel, berikut ini adalah cara membuat nomor otomatis di Excel dengan cepat dan mudah.

Cara membuat nomor otomatis di Excel bisa Anda terapkan dengan sederhana. Pada umumnya, Anda harus pastikan sudah menomori angka 1 dan 2 di awal tabel. Kemudian Anda langsung bisa melanjutkan angkanya. Saat ini ada 4  (empat) cara membuat nomor otomatis di Excel. Berikut ini adalah penjelasannya, Anda bisa simak dan terapkan dengan benar.

Pengertian Microsoft Excel

4 Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel dengan Mudah dan Cepat

Microsoft Excel merupakan sebuah program perangkat lunak yang memungkinkan para pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik (angka). Pengolahan data ini di lakukan dengan menggunakan rumus dalam lembar spreadsheet. Bentuk lembar kerja di dalam Microsoft Excel berbeda dengan yang ada di dalam Microsoft Word.

Adapun, lembar kerja di Microsoft Excel berbentuk kumpulan sel yang di susun menjadi baris dan kolom, atau biasanya di kenal dengan sistem spreadsheet. Data dalam lembar spreadsheet Microsoft Excel ini bisa di hitung dan di olah dengan akurat hanya menggunakan rumus-rumus tertentu yang telah tersedia.

Selain itu, ada beberapa alat di dalam Microsoft Excel yang dapat menyajikan hasil olahan data. Penyajian data di dalam spreadsheet bisa di visualisasikan ke dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik bergaris. Aplikasi pengolah data numerik ini masih dalam satu bagian dari paket Microsoft Office yang bisanya di akses di dekstop dengan menggunakan sistem operasi Windows dan MacOS.

Manfaat Microsoft Excel yang paling mendasar adalah untuk memudahkan para pengguna dalam melakukan pengolahan data secara numerik. Dengan menggunakan Microsoft Excel maka perhitungan dan pembacaan data yang berbentuk angka tidak perlu dilakukan secara manual.

Adapun pola-pola yang telah di sediakan dalam Microsoft excel secara default yaitu angka, jam, tanggal, hari, bulan, tahun, bahkan ada formula (rumus).

Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel

4 Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel dengan Mudah dan Cepat

Berikut ini adalah empat cara membuat nomor otomatis di Excel dengan cepat dan mudah. Silahkan Anda bisa simak ulasannya dengan benar dan tepat.

1. Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel dengan Drag Mouse

Cara membuat nomor otomatis di Excel dengan Drag merupakan cara yang sangat mudah bagi para pengguna. Adapun acaranya, Anda hanya cukup menuliskan nomor 1 hingga 2. Kemudian, Anda bisa arahkan kursor ke bagian ujung kotak cell sampai muncul tanda tambah (+). Selanjutnya, tekan dan tarik ke bawah sampai muncul angka yang dimaksud.

Jika Anda berhasil menarik sampai bawah maka, angka atau nomor pada tabel dapat muncul dengan mudah dan cepat. Cara ini sering disebut dengan cara membuat nomor otomatis di Excel autofill. Tahapan auto fill data juga bisa Anda terapkan dengan opsi Auto Fill dalam grup Editing di dalam Tab Home. Namun, ada beberapa orang yang memilih untuk menggunakan drag mouse.

Cara ini juga sangat efektif untuk penomoran hingga ratusan. Namun jika data yang Anda miliki membutuhkan penomoran sampai ribuan, maka cara ini di anggap kurang efektif. Cara ini juga bisa di terapkan jika Anda menghendaki penomoran yang berlaku kelipatan. Contohnya yaitu ketikkan angka 10 dan 20 kemudian Anda langsung drag ke bawah menggunakan mouse, maka akan berlaku kelipatan 10.

2. Menggunakan Menu Auto Fill Excel

Cara membuat nomor otomatis di Excel yang berikutnya adalah dengan melalui menu fill. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan penomoran pada data yang mempunyai urutan hingga ribuan ke atas.

AutoFill pada Excel merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk mengisi sel secara otomatis berdasarkan dengan pola data pada sel-sel lainnya. Berikut ini adalah cara membuat nomor otomatis di Excel dengan menu fill excel:

  1. Silahkan Anda tulis nomor awal yaitu angka 1 dan 2.
  2. Jika sudah maka. pilih select cell A2 jika nomor di tuliskan pada cell tersebut.
  3. Selanjutnya, Anda bisa pilih Tab Home, Group Editing, Filling, Series.
  4. Pada langkah ini akan muncul Option Box Series.
  5. Apabila penomoran otomatis pada satu kolom akan dibuat ke bawah maka Anda bisa pilih Columns.
  6. Jika Anda ingin menomori ke atas, maka pilih Rows.
  7. Lalu, pada bagian Type silahkan pilih Linear.
  8. Selanjutnya, di bagian Step Value isi penambahan urutan nomor dengan cara default 1.
  9. Pada Stop Value, isilah nomor terakhir yang akan di tentukan. Contohnya 1000 atau 2000. Pilih OK jika sudah selesai.

Cara ini adalah cara yang paling efektif dan akurat untuk di terapkan jika Anda menghendaki penomoran sampai ribuan.

3. Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel dengan Rumus Excel

Cara membuat nomor otomatis di Excel yang berikutnya yaitu dengan rumus Excel. Rumus ini bisa Anda terapkan hanya dengan menggunakan fungsi IF, COUNT, COUNTA, ROW, dan lain sebagainya. Fungsi-fungsi tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat rumus excel dengan kriteria tertentu. Contohnya di kolom A akan muncul jika kolom B atau C telah terisi.

Rumus yang akan digunakan adalah: =IF(B2=””;””;ROW()-1). Anda cukup melakukan copy paste ke cell di bawahnya. Lalu, kolom A akan secara otomatis terisi jika kolom B atau C ada data di dalamnya.

4. Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel dengan Fungsi ROW

Cara membuat nomor otomatis di Excel yang selanjutnya yaitu masih menggunakan fungsi ROW.  Fungsi ROW memang sudah di jelaskan secara rinci di ata. Namun, ada penjelasan yang lebih rinci terkait dengan penggunaan fungsi ROW pada penomoran data. Jika Anda ingin menggunakan fungsi ROW dalam penomoran, berikut ini adalah langkahnya:

Pada cel yang akan dinomori, Anda cukup ketik =ROW(A1). Fungsi ROW tersebut nantinya akan menghasilkan angka 1. Kemudian, arahkan kursor ke arah ujung kotak cell sampai muncul tanda tambah (+). Seret sampai rentang yang ingin diisi, nantinya nomor akan seketika muncul secara urut.

Fungsi ROW ini juga bisa diterapkan untuk penomoran dalam rangka kebutuhan tertentu seperti contohnya penjualan dan lain sebagainya. Anda yang membutuhkan penomoran dengan angka 0 di depannya, maka berikut ini adalah rumus yang harus diterapkan =TEXT(ROW(A1),”000-000”. Rumus tersebut nantinya akan menghasilkan data yang berupa: 000-001.

Anda sebagai pengguna cukup melakukan penyesuaian angka 000-000 berdasarkan dengan kebutuhan penomoran. Rumus lain yang dimaksud antara lain =TEXT(ROW(A1), ”0” =TEXT(ROW(A1), ”00” =TEXT(ROW(A1), ”000” =TEXT(ROW(A1),”0000” dan seterusnya.

Dengan Anda menerapkan cara tersebut, data yang akan di sajikan pun menjadi lebih akurat dan mudah untuk pahami. Demikian empat cara membuat nomor otomatis di Excel dengan mudah dan cepat. Selanjutnya Anda bisa mengetahui bahwa cara menomori data pada Excel tidak harus dilakukan dengan manual. Penomoran ini bisa dilakukan dalam waktu yang singkat dan hasilnya juga sangat akurat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top